Social Icons

Pages

Kamis, 08 April 2010

Just Joke "Morality & Profesionalisme"

Alkisah ada seorang engineer bernama Prayitno, ST yg bekerja di pabrik
manufaktur elektronik . Orang ini baru saja lolos tes perusahaan
BUMN yg mengelola gas alam dan mau resign. Berikut ini perdebatan
dengan manajernya. Manajer = M, dan Prayitno = P

M = Edan kowe yo prayitno, lagi S-2 dah mau resign, dimana morality kamu?
P = Morality saya ikut berlari bersama morality perusahaan, yang
nyuruh karyawannya lembur-lembur melebihi aturan pemerintah sampe
sakit tapi tunjangan kesehatan ndak full
M = Sebenernya mau kamu apa? Di mana-mana kerja itu sama. Saya sudah
menjalani 2 company sebelum ini
P = Karena kerja dimana2 itu sama, makanya saya gak ragu resign pak,
wong sama aja kok, cuma rewardnya yg beda tho…. ya saya pilih yg
rewardnya lebih
M = Kenapa kamu gak mencoba profesional disini aja, klo alasannya
reward, kan nanti karir serta salary kamu juga bakal naik kalo kamu
bertahan
P = Kenapa saya harus nunggu, kalo ada company yg nawarin itu skarang?
M = Tapi sayang sekali, saya pandang kamu yg paling berpotensi diantara yg lain
P = Bapak udah ngomong gitu ke semua engineer yg resign sebelum saya
M = Tidak, ini serius. Kamu memiliki potensi besar. Disini kmu bisa
sukses! Daripada kmu memulai lagi dari bawah di company lain yg blum
ketauan ntar disana kmu bakal sukses ato gak
P = Di sini juga sama aja saya blum tau bakal sukses apa gak, wong
namanya masa depan kok. Sama2 gak ketauan. Tapi karena yg satu
awalannya lebih baik, ya pilih yg lebih baik dong……
M = Maksud kamu lebih baik itu apa? Money? Uang itu bukan segala2nya!
P = Kalo emang begitu ngapain company costdown gaji saya? Apa artinya
uang segitu untuk mempertahankan eksistensi engineer
M = Kita kan tidak hanya mengejar uang. Kalo orientasi kamu hanya
uang, kamu hanya mengejar “live”. No difference with kambing. Bekerja
hanya untuk bertahan hidup. Kamu itu engineer!!!! Harus berorientasi
pada yg lebih mulia, bekerja untuk berkarya, untuk mengembangkan diri
P = Saya pengennya seperti itu. Makanya saya resign. Gimana saya mau
lepas dari orientasi “live” klo tiap bulan saya harus pusing mikir
bayaran kos, pulsa, makan, ngirim ortu, nabung buat merit. Naaaa
skarang ada company yg nawarin itu. Salary yg membuat saya tenang dan
tidak berpikir lagi tentang “live existency”. So, boleh dong saya
ambil untuk menaikkan derajat pekerjaan saya?
M = Prayitno…. kalo kamu mengejar yg lebih baik, gak akan habis2….
Selalu ada yg lebih baik. Saya sudah mengalaminya di 2 company
terdahulu
P = Emang gak bakal abis pak…. Karena itu, ngapain saya habisin
disini? Mending saya terus2-an dapet yg lebih baik sampe berhenti
karena cape. Lagian Bapak juga nyatanya bisa berhenti kan?
M = Inilah yg membuat bangsa kita gak maju2. Oportunis. Orang jepang
maju karena loyal!
P = Loyalitas itu kata2 pembenaran buat ngegaji orang dibawah level
pendidikannya pak. Betul jepang itu maju. Tapi lihatlah, terjadi
ketimpangan karir antara lelaki dan wanita. Karena lelakinya gila
kerja semua, mereka jarang menemui anaknya. Akibatnya istri2 mereka
harus mengimbanginya, ngalah keluar dari kerja buat nambal waktu bapak
yang hilang untuk anak2nya karena bokapnya lebih cinta kerja daripada
mereka. Tanya deh cewek jepang. Lelaki jepang tu paling gak romantis.
Cewek bawa tas berat aja dicuekin
M = Tapi dimana responsibility kamu?
P = Responsibility itu apa pak? Perasaan saya, dulu saya pernah punya.
Pas awal-awal masuk disini. Tapi kata2 itulah yg dijadikan pembenaran
untuk menindas saya. Atas nama responsibility, saya mengorbankan
kesehatan untuk ketepatan schedule launching produk yg jelas2
merupakan percepatan uang masuk ke kantong pemilik saham. Betul,
manusia harus punya responsibility. Apa responsibility paling utama?
Keluarga, anak dan istri adalah amanah dari yang diatas.
M = Kamu kurang bersyukur. Masih banyak orang yg susah dapet kerjaan!
P = Saya dah diterima pak. Itu rejeki dari yang Diatas. Kalo gak saya
ambil, itu yg namanya gak bersyukur. Yang Diatas itu tau kebutuhan
kta. Makanya Dia memberi saya kerjaan baru. Mungkin karena kebutuhan
saya meningkat. Selain itu, yang Diatas juga memberi pekerjaan pada
satu orang pengangguran yg akan menggantikan posisi saya disini
setelah resign
M = EDAN KOWE PRAYITNOOOOO!!!! Kalo gitu aku ikut kamu resign…
P = Nggak bisa pak… Kowe wis tuwo! Cuma bisa ngelamar ke tempat yang
sesuai background bapak…

Catatan:
1. Dikutip dari sebuah milis tetangga
2. Credit untuk pengarang aslinya. Mungkin ada yang tahu?
3. Tidak menerima komentar seperti “Ini pengalaman pribadi ya?” atau
“sampeyan yang manajer-nya atau prayitno-nya?” atau sejenisnya

0 komentar:

Posting Komentar